Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Apa itu tanggung jawab sosial perusahaan? Menurut www.wikipedia.com, tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan“, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Dalam segi sumberdaya, contoh nya adalah ketika sebuah perusahaan di suatu daerah melakukan perekrutan karyawan. Perusahaan tersebut akan merekrut atau memperkerjakan masyarakat sekitar perusahaan tersebut berada, dengan tidak melupakan kualitas.

Dari segi manajemen resiko, contohnya adalah sebuah perusahaan harus bertanggung jawab terhadap dampak buruk yang akan ditimbulkan terhadap lingkungan. Jadi perusahaan tersebut juga harus memerhatikan dan menjaga lingkungan dari dampak buruk yang ditimbulkan dari proses perusahaan itu sendiri yang. Seperti beberapa pusat perbelanjaan yang menggunakan kantong plastik yang mudah terurai dan ikut mengkampanyekan Go Green.

Ada juga tanggung jawab sosial yang lain seperti yang dilakukan oleh salah satu perusahaan rokok di Indonesia, PT. Djarum yaitu mendirikan sebuah foundation yang menangani masalah pendidikan, olahraga, dsb, yaitu Djarum Foundation. Ini adalah contoh nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap masyarakat.

Hal-hal diatas dilakukan perusahaan sebenarnya juga untuk keuntungan jangka panjang dari perusahaan itu sendiri. Seperti perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat sekitar karena mereka memperkerjakan masyarakat sekitar, dikenal karena perusahaan tersebut ramah lingkungan, dan juga dikenal karena memberi sumbangsih kepada masyarakat.

Referensi / sumber : http://sylvi24.wordpress.com/2011/11/09/tanggung-jawab-sosial-perusahaan-corporate-social-responsibility/

About fredypurbaya

Ahhhh Mau Tau aja.... PkoNya ASIK dAHHHH
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s