SURAT-SURAT BERHARGA

Suratberharga adalahsuratbernilai uang yang dapat dijual belikan atau digunakan sebagai agunan saham dan/bukti penyertaan modal.

Senagn demikian, dalam lalu lintas perdagangan surat-surat yang mempunyai nilai sering disebutsuratberharga.

Sementara itu, sesuatusuratdaapt dikatakan sebagaisuratberharga jikasurattersebut mempunyai nilai, seperti uang tunai dan dapat ditukar dengan uang.

Dalam hal ini, surat-surat yang dikeluarakan dapat dibagi menjadi du golongan yainisuratberharga dansuratberharga berdasarkan undang-undang no 7 tahun 1992 dan undang-undang no 10 tahun 1992.

  • Suratberharga

Suratberharga dapat dikatakansuratberharga apabilasurattersebut sengaja diterbitkan sebagai pemenuhansuratprestasi berupa sejumlah uang, tetapi  tidak dilakukan dengan mata uang, melainkan dengan pembayaran lain.

  • Sedangkansuratberharga berdasarkan undang-undang no 7 tahun 1992 yo undang-undang no 10 tahun 1992

Sementara itu undang-undang no 7 tahun 1992 yo undang-unfang no 10 tahun 1992 telah diberi definisi surat berharga ialah surat pengakuan hutang, wesel, saham, obligasi, sekuritas kreditatau setiap derektif dari surat berharag atau kepentingan lain atau surat kewajiban dari penerbit dalam bentuk yang lazim diperdagangakn di pasar modal dan pasar uang.

Akan halnyasuratberharga adalahsuratyang di terbitkan bukan sebagai pemenuhan prastasi, bukan pembayaran sejumlah uang, dan sukar diperjual belikan. Namunsuratberharga sebagi bukti diri bagi pemegangnya, sebagai orang yang berhak atas apa yang disebut didalamnya, seperti KTP, SIM, kartu keredit, atm, dll.

Jenis-jenissuratberharga :

Di dalam lalulintas uang dikenal juga antara lain, wesel, cek, bilyet giro, surat sanggup, commercial paper, surat berharga pasar uang,garasi bank, sertifikat bank Indonesia.

WESEL

Kwtentuan yang mengaturweselterdapat dalam pasal 100 sampai denagn pasal 173 KUH dagang yang menentukan syarat formal bagi suatuwesel.

SURATCEK

Suratcek merupakan warkat yang berisi perintah tidak bersyarat kepada bank yang memelihara rekening nasabah untuk membayarkan suatu jumlah uang tertentu kepada orang tertentu atau yang ditunjuk olehnya atau pembawanya.

Dasar  hukum yang mengatur cek diatur dalam pasal 178 sampai denagan 299 KUH dagang. Disamping itu ada tambahan penjelasan yang dimuat dalamsuratedaran bank indonesa.

BULYET GIRO

Buliyet giro adalahsuratperintah dari nasabah kepada bank penyimpanan dana untuk memindahkan sejumlah dana dari rekening yang bersangkutan kepada rekening pemegang yang disebut namanya.

SURATSANGGUP

Suratsanggup adalahsuratyang sibuat oleh seorang yang berisikan suatu kesanggupan untuk membayar sejumlah uang dalam waktu tertentu. Dasar hukumsuratsanggup di atur dalam pasal 174 sampai dengan pasal 177 KUH dagang.

COMMERCIAL PAPER

Memenuhi persyaratan penerbit dan perdagangansuratberharga komersial (commercial paper), berdasarkansuratedaran bankIndonesia. SE No 28/49/UGP, tanggal 11 agustus 1995, yaini persyaratan penerbit dan perdagangan surat berharga komersial melalui bank umum Indonesia adalah merupakan surat sanggup tanpa jaminan berjangka waktu pendek yang diterbitkan oleh perusahaan bukan bank dan diperdagankan melalui bank (bank umum sebagaimana dimaksud di dalam undang-undang no 7 tahun 1992 tentang perbangkan)atau perusahaan efek denagn system diskonto.

SURATBERHARGA PASAR UANG

Suratberharga pasar uang diatur dalam dan diluar KUH dagang, menurutsuratkeputusan direksi bankIndonesiano 21/53/Kep/DIR tanggal 27 oktober 1988, spbu meripakansuratberharga jangka pendek dalam rupiah yang dapat diperjual belikan di pasar uang

SURAT JAMINAN BANK

Surat jaminan bank adalah surat jaminan untuk membayar seseorang berdasarkan undang-undang tertentu yang berfungsi sebagai alat pembayaran. Dasar hukum surat jaminan bank diatur dalam pasal 1820 sampai dengan pasal 1850 KUH perdata Garasi bank merupakan perjanjian tambahan dari perjanjian penanggungan utang dimana bank bertindak sebagai penanggung uang

About fredypurbaya

Ahhhh Mau Tau aja.... PkoNya ASIK dAHHHH
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s