ORGANISASI DAN PENGELOLAAN KOPERASI

ORGANISASI DAN PENGELOLAAN KOPERASI

Koperasi telah lama menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perekonomian Indonesia. Karena tujuannya yang mengutamakan anggotanya di atas pencarian keuntungan.

Kelembaggan koperasi penting  karena menentukan tujuan kegiatan status hokum, Manajemen, dan suber daya manusia di dalam koperasi. Oleh karma itu dalam mendirikan koperasi kita harus melihat tujuan ekonomi para pendiri .

Di dalam pengorganisasian menghasilkan suatu susunan tugas ,atau tanggung jawab yang terdiri dari bagian-bagian yang terintegrasikan melalui hubumgan antar bagian dalam koperasi. Struktur organisasi dalam koperasi dapat di tinjau dari segi intern & exstern

  1. A. Struktur organisasi intern koperasi

Struktur organisasi koperasi melibatkan unsure-unsur di dalam organisasi itu sendiri. Struktur organisasi intern mengatur pembaguian tugas & wewenang orang-orang yang bekerja di dalam koperasi dan mendeskripsikan jenis hubungan dan tanggung jawab setiap jabatan .

Unsure-unsur yang terdapat dalam  organisasi intern koperasi adalah

  1. Alat perlengkapan, meliputi rapat anggota, pengurus, badan pemeriksa.
  2. penasihat
  3. pelaksana, meliputi manajer & karyawan koperasi
  4. pengawas
  1. struktur extern organisasi koperasi

struktur organisasi terjadi karma adanya pemusatan koprasi yang sejenis dan berguna untuk memudahkan pembagian tugas menurut wilayah masing-masing.

About these ads

About fredypurbaya

Ahhhh Mau Tau aja.... PkoNya ASIK dAHHHH
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s